Warung Bebas

Kamis, 07 Juli 2011

JAWABAN & PEMBAHASAN TEST PENGETAHUAN UMUM

JAWABAN & PEMBAHASAN TES PENGETAHUAN UMUM


1.    Jawaban: D
Bahasan: Kata yang dianggap padu, penulisannya digabung, misalnya: tatabahasa, sukacita, darmawisata
2.    Jawaban: C
Bahasan: Per yang berarti demi atau tiap, penulisannya dipisah.
Contoh: 1. Masuklah satu per satu. 2. Harganya Rp 1.000,00 per lembar
3.    Jawaban: E
Bahasan: Penulisan tanda hubung yang benar adalah memutar-balikkan.
• bekerja-sama (salah)  • beramah-tamah (salah)
  bekerjasama (benar)     beramah tamah (benar)
       • bertepuk-tangan (salah) • terima-kasih (salah)
         bertepuk tangan (benar)   terima kasih (benar)
4.    Jawaban: E
Bahasan: Penulisan kata yang tepat dalam komunikasi tulis resmi adalah karisma.
• fatsal (salah)         • mahluk (salah)
   pasal (benar)            makhluk (benar)
• kasiat (salah)         • musawarah dan mupakat (salah)
  khasiat (benar)       musyawarah dan mufakat (benar)
5.    Jawaban: D
Bahasan: Sifat yang selalu menimpakan kesalahan kepada orang lain berarti mengambinghitamkan orang lain.
6.    Jawaban: D
Bahasan: Aklamasi berarti suatu keputusan yang diterima oleh seluruh anggota tanpa kecuali.
7.    Jawaban: E
Bahasan: Bentuk kata setelah hams adalah kata kerja. Kata kerja yang tepat sesuai EYD adalah memproduksi.
8.    Jawaban: C
Bahasan: Kalimat efektif yang menggunakan bentuk sejajar terdapat pada kalimat dia lebih suka bermain bola daripada catur.
9.    Jawaban: B
Bahasan: Gagasan utama paragraf tersebut ada pada kalimat pertama, yaitu: Penyediaan halaman depan dan belakang yang memadai bernnanfaat bagi pemeliharaan lingkungan sekitar.
10.    Jawaban: A
Bahasan: Kalimat tersebut mengungkapkan keadaan sebenarnya atau fakta yang ada. Fakta tersebut menyatakan realitas.
11.    Jawaban: C
Bahasan: Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi kalimat yang menunjukkan belum terjadi, yaitu di tandai kata akan di dalamnya adalah jika atau apabila.
12.    Jawaban: D
Bahasan: Seoptimal mungkin dalam konteks ruang terbuka berarti seluas-luasnya.
13.    Jawaban: E
Bahasan: Sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata dampak berarti pengaruh kuat, sehingga berdampak searti dengan berpengaruh kuat.
14.    Jawaban: B
Bahasan: Peribahasa yang berarti keinginan yang tak tercapai karena ada hambatan tertentu adalah: Alah limau oleh benalu.
15.    Jawaban: E
Bahasan: Tiga baris terakhir melukiskan pandangan penulis mengenai ketidaksudian penulis berperilaku seperti bunglon
16.    Jawaban: E
Bahasan: Prokiamasi 17 Agustus 1945 sebagai sumber tertib hukum NKRI karena Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 sebagai penjebolan tertib hukum kolonial dengan tertib hukum nasional.

17.    Jawaban: A
Bahasan: Alinea pertama Pembukaan UUD 1945 memuat hak merdeka (persamaan derajat) bagi semua bangsa tanpa kecuali.
18. Jawaban: A
Bahasan: Pidato presiden di depan sidang paripurna DPR setiap tanggal 16 Agustus selalu dilaksanakan setiap tahunnya. Kebiasaan tersebut terpelihara dalam praktik penyelenggaraan negara sehingga dapat menjadi hukum tertulis.
19. Jawaban: E
Bahasan: Pembukaan DUD 1945 merupakan piagam HAM di Indonesia, karena seluruh alinea Pembukaan UUD 1945 memuat hak-hak asasi manusia.
20. Jawaban: C
 Bahasan: Setiap orang yang disebut penduduk negara mendiami tempat tertentu atau berdomisili di suatu wilayah tertentu, dalam hal ini, dibuktikan aengan kepemilikan kartu tanda penduduk (KTP).
21. Jawaban: B
 Bahasan: Pasal 29 (2) UUD 1945 memuat jaminan kebebasan beragama di Indonesia.
22. Jawaban: C
Bahasan:    Mencintai produk dalam negeri merupakan salah satu cara memupuk atau membina jiwa nasionalisme Indonesia.
23. Jawaban: D
 Bahasan:    Dengan meningkatnya pendidikan dan keterampilan warga negara Indonesia, kemandirian bangsa Indonesia akan terwujud, terutama sekali dalam era globalisasi sekarang ini dimana jiwa kemandirian bangsa Indonesia sangat diperlukan.
24. Jawaban: E
Bahasan:    Pancasila sebagai ideologi terbuka maksudnya adalah bahwa Pancasila dapat berinteraksi atau menerima pengaruh perkembangan zaman terutama perkembangan IPTEK dan budaya yang sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.
25. Jawaban: B
Bahasan:    sudah jelas
26. Jawaban: B
Bahasan:    Dalam demokrasi tidak dikenal otoritarianisme, yaitu kekuasaan yang terpusat. Sebab otoritarianisme akan melahirkan kesewenang-wenangan yang pada akhirnya menyengsarakan rakyat.
27. Jawaban: B
Bahasan:    Hak untuk mendapatkan pendidikan dan pengajaraa adalah hak asasi manusia dalam bidang sosial budaya.
28. Jawaban: E
Bahasan:    sudah jelas.
29. Jawaban: A
Bahasan:    sudah jelas.
30. Jawaban: E
Bahasan:    Pada masa berlakunya UUDS 1950 kabinet seringkali "jatuh bangun" karena parlemen dengan mudahnya menjatuhkan mosi tidak percaya kepada kabinet sehingga jatuhlah atau bubarlah kabinet tersebut, dan dibentuklah kabinet baru. Mosi tidak percaya tersebut bisa disebabkan ketidaksenangan golongan atau kelompok di parlemen kepada kabinet.
31. Jawaban: A
Bahasan:    Menurut Niccolo Machiavelli, dibentuknya negara adalah untuk mewujudkan kekuasaan negara yang sebesar-besarnya. Hal ini dilatarbelakangi oleh keadaan negara pada saat itu yang banyak mengalami pergolakan dan perpecahan.


32. Jawaban: B
Bahasan:    Jean Bodin mengatakan bahwa kedaulatan negara bersifat permanen, yaitu kekuasaan negara itu tetap ada selama negara itu berdiri sekalipun pemegang kekuasaan sudah berganti.
33. Jawaban: D
Bahasan: Dalam negara kesatuan, pemerintah pusat mempunyai wewenang untuk mengatur seluruh wilayahnya melalui pembentukan pemerintah daerah propinsi, kabupaten dan seterusnya.
34.    Jawaban: C
Bahasan:    Menurut Aristoteles, bentuk negara yang baik dan ideal adalah bentuk negara republik, yaitu bentuk pemerintahan yang diselenggarakan oleh seluruh rakyat demi kepentingan umum.
35.    Jawaban: B
Bahasan:    Demokrasi material merupakan demokrasi yang hanya menitikberatkan pada bagaimana mewujudkan kesejahteraan dalam bidaang ekonomi dan kurang memperhaatikan persamaan bidaang politik.
36.    Jawaban: E
Bahasan:    Dalam Penjelasan Umum UUD 1945 dinyatakan bahwa Negara Indonesia adalah negara yang berdasar atas hukum.
37.    Jawaban: B
Bahasan:    Kabinet presidensial merupakan kabinet yang dibentuk oleh presiden, tanpa campur tangan parlemen atau DPR.
38.    Jawaban: D
Bahasan:    Dalam otonomi daerah, pemerintah daerah diberi kekuasaan untuk memberdayakan ekonomi di daerah demi kesejahteraan rakyat.
39.    Jawaban: A
Bahasan:    Teori Trias Politika menurut Montesquieu membagi kekuasaan dalam negara menjadi:Membentuk UU, Melaksanakan UU, Mengawasi pelaksanaan UU.
40.    Jawaban: A
Bahasan:    Reformasi ketatanegaraan yang dilakukan oleh pemerintah pada lembaga tertinggi negara bertujuan menegakkan kembali demokrasi yang bertumpu pada rakyat, yaitu rakyat tidak hanya sebagai objek demokrasi tetapi aspirasi dan kehendak rakyat juga harus diperhatikan.
41.    Jawaban: E
Bahasan:    Organisasi sosial politik merupakan kelompok terorganisasi yang anggota-anggotanya mempunyai orientasi, nilai-nilai, dan cita-cita yang sama.
42.    Jawaban: C
Bahasan:    Kewarganegaraan Indonesia dapat diperoleh berdasarkan: kelahiran, akibat perkawinan dan ikut ayah dan ibu.
43.    Jawaban: D
Bahasan:    Sumber-sumber hukum internasional yang digunakan c-ah Mahkamah Internasional dalam memutuskan masalah-masalah hubungan internasional adalah:
1. Perjanjian internasional
2. Asas umum hukum yang diterima bangsa beradab
3. Kebiasaan internasional
44.    Jawaban: B
Bahasan:    Perjanian / traktat yang membentuk hukum (law making treaties) pada umumnya merupakan perjanjian multilateral.
45.    Jawaban: B
Bahasan:    Dewan Keamanan (Security Council) PBB di beri hak dan wewenang untuk menentukan suatu hal / masalah yang dianggap mengganggu atau mengancam perdamaian dunia.
46.    Jawaban: E
Bahasan:    Wilayah Indonesia yang terdiri banyak pulau yang dikelilingi laut menyebabkan sebagian penduduk Indonesia bekerja sebagai nelayan. Di samping itu, sebagian penduduk Indonesia memanfaatkan perahu-perahu besar sebagai alat transportasi laut dalam membawa dan mengirim barang dagangan ke daerah-daerah.
47.    Jawaban: D
Bahasan:    Interaksi antara pedagang-pedagang Nusantara dengan pedagang-pedagang muslim mancanegara membawa dampak baik dalam bidang ekonomi maupun budaya, yaitu pengembangan pendidikan, khususnya pendidikan dan penyiaran agama islam.
48.    Jawaban:C
Bahasan:    Gubernur VGC perlama kali adalah Pieter Both.
49.    Jawaban: B
Bahasan:    Kongsi dagang yang didirikan oleh Perancis dalam rangka memperkuat persaingan antarpedagang Eropa adalah Compagnie des indes.
50.    Jawaban: E
Bahasan: Perlawanan-perlawanan terhadap pemerintah Belanda yang terjadi di wilayah Nusantara (bersifat kedaerahan) disebabkan oleh:
o    Adanya politik pecah belah (devide et empera)
o    Pembentukan koloni dagang
o    Campur tangan dalam bidang politik
o    Penyebaran agama Nasrani
Jadi yang tidak menjadi penyebab perlawanan-perlawanan kedaerahan terhadap pemerintah kolonjal Belanda adalah: munculnya organisasi yang bersifat nasional.
51.    Jawaban: E
Bahasan: Adanya pendidikan modern yang diberikan pemeriontah kolonial Belanda bagi penduduk negeri jajahan membawa perubahan bagi kehidupan politik pergerakan Indonesia Indonesia, yaitu munculnya organisasi modern yang bersifat nasional, misalnya Budi Utomo, Syarikat Islam dan sebagainya.
52.    Jawaban: B
Bahasan: Kemenangan Jepang atas Rusia pada 1905 berpengaruh terhadap tumbuhnya pergerakan nasional di Asia Afrika.
53.    Jawaban: A
Bahasan: Menyadari kegagalan para pejuang Indonesia yang bersifat kedae/ahan dalam perjuangan melawan kolonialisme, para pemuda Indonesia membentuk wadah organisasi persatuan nasional yang bernama Jong Indonesia.
54.    Jawaban: C
Bahasan: Konggres Pemuda II menghasilkan ikrar yang dikena! sebagai Sumpah Pemuda. Ikrar Sumpah Pemuda merupakari wujud dari proses nation building (pembangunan bangsa), yaitu berbangsa, bertanah air dan berbahasa Indonesia.
55.    Jawaban: D
Bahasan:    Dalam perundingan Renville, KTN (Komisi Tiga Negara) menyampaikan usul  berikut:
o    Penghentian ternbak menembak
o    Kemerdekaan bagi Indonesia
o    Kerja sama Indonesia Belanda
o    Dibentuknya a
o    suatu negara federal
Jadi yang tidak menjadi usulan KTN adalah: dibentuknya gender merie bersama.
56.    Jawaban: E
Bahasan: Gerakan PRRI/Permesta dilatarbelakangi oleh adanya pelaksanaan sistem ekonomi liberal.
57.    Jawaban: C
Bahasan: Penetapan Dekrit Presiden 5 Juli 1959 membawa perubahan sistem pemerintahan Indonesia dari sistem pemerintahan demokrasi liberate demokrasi terpimpin.
58.    Jawaban: C
Bahasan: Politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif sejaian dengan garis-garis besar piagam PBB, yaitu menjaga perdamaian dunia.

59.    Jawaban: E
Bahasan:     Laju pertumbuhan penduduk yang cepat akan mengancam kelangsungan hidup. penduduk sendiri sebab laju pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali dapat mengakibatkan kurangnya bahan kebutuhan pokok, misalnya sandang, pangan dan papan.
60.    Jawaban: C
Bahasan: Adanya globalisasi dalam bidang perdagangan, Indonesia sebagai sebagai negara agraris yang penduduknya sangat besar perlu meningkalkan produksi industri bahan pangan agar penduduk yang besar tersebut tidak tergantung negara lain (swasembada), bahkan apabila produksinya berlebih dapat diekspor ke negara lain.
61.    Jawaban: C
Bahasan: Wacana di atas membicarakan tentang inquiry dalam hubungannya dengan social studies, sehingga judui yang tepat untuk wacana di atas adalah Inquiry and the Social Studies.
62.    Jawaban: D
Bahasan: Confusion (kebingungan) pada paragraf 2 bersinonirn dengan doubtful - ragu.
63.    Jawaban: D   
Bahasan: Urge (meminta) bersinonirn dengan ask (meminta).
64.    Jawaban: E
Bahasan: Deductive approach (pendekatan deduktif) dalam pengajaran pencemaran lingkungan kepada siswa berarti menjelaskan dari umum ke khusus, yaitu dari konsep ke contoh-contoh
65.    Jawaban: A
Bahasan: Subjek kalimat memerlukan determiner + ordinal number sehingga menjadi: the first steam locomotive (= lokomotif uap yang pertama)
66.    Jawaban: E
Bahasan: Anak kalimat (dependent clause) selalu bersusunan affirmative structure (bersusunan seperti kalimat berita), yaitu: where she lived and worked.
67.    Jawaban: C
Bahasan: Untuk menunjukkaan pertentangan dapat diungkapkan dengan konjungsi although, yaitu: although they are independent disciplines. Klausa tersebut dapat dielipsis subjek dan to be-nya sehingga menjadi although independent.
68.    Jawaban: C
Bahasan: Kata tanya untuk menanyakan lamanya waktu adalah menggunakan: how long = berapa lama.
69.    Jawaban: A
Bahasan: Kalimat eliptik untuk menunjukkan negatif dapat menggunakan neither dan either. Susunannya adalah:
I won't do it  neither will I i
        I won't either
70.    Jawaban: A
Bahasan: Adi sudah ditunggu selama satu jam, tetapi dia tidak akan muncul (come out)
71.    Jawaban: B
Bahasan: Subjek one of... adalah tunggal sehingga predikat yang benar adalah is. One of ....is
72.    Jawaban: B
Bahasan: Ira Remsen sebagai guru, peneliti dan penulis: as a teacher, reseacher and writer.
73.    Jawaban: C
Bahasan:    Kata kerja untuk menunjukkan parallelism (kesetaraan) menggunakan bentuk yang sama. vaitu: Doiley Todd Madison served ... and continued ...
74.    Jawaban: C
Bahasan: Expeditiously (= dengan cepat) bersinonim dengan rapidly.
75.    Jawaban: D, E
Bahasan: primarily (= terutama sekali) bersinonim dengan chiefly dan mainly. Lihat kamus Oxford Advanced Learner's Dictionary of Current English.
76.    Jawaban: C
Bahasan: Arah kebijakan pembangunan nasional adalah terwujudnya manusia dan masyarakat Indonesia yang berkualitas.
77.    Jawaban: E
Bahasan: Ratifikasi merupakan pengesahan suatu dokumen negara oleh parlemen, khususnya pengesahan undang-undang, perjanjian antarnegara, dan persetujuan hukum internasional.
78.    Jawaban: D
Bahasan: Salah satu tanda keberhasilan upaya peningkatan kesehatan masyarakat adalah meningkatnya persentase penduduk yang melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat.
79.    Jawaban: A
Bahasan: Penyempurnaan konstitusi atau undang-undang dasar (UUD) sesuai dengan . dinamika politik dan aspirasi masyarakat bertujuan sebagai perbaikan struktur politik
80.    Jawaban: B
Bahasan: Penurunan persentase penduduk miskin merupakan upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengurangi jumlah penduduk miskin sebagai indikator peningkatan kesejahteraan penduduk. Jadi, penurunan persentase penduduk miskin bukan merupakan penyediaan kebutuhan pokok untuk keluarga miskin.
81.    Jawaban: D
Bahasan:    Garis-garis Besar Haiuan Negara (GBHN) memuat konsepsi penyelenggaraan yang menyeluruh untuk membangun tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta mewujudkan kemajuan di segala bidang yang menempatkan bangsa Indonesia sederajat dengan bangsa lain.
82.    Jawaban: B
Bahasan: Sesuai dengan UUD 1945, setiap warga negara memiliki hak dan bebas memilih agama dan beribadah sesuai agama dan kepercayaannya.
83.    Jawaban: A
Bahasan:    Jenis Pendidikan Umum diarahkan terutama pada penguasaan ilmu pengetahuan, sedangkan pendidikan kejuruan diarahkan pada penguasaan keterampilan tertentu dalam rangka penyiapan sumber daya manusia atau tenaga kerja yang terampil.
84.    Jawaban: D
Bahasan:    Relevansi, kualitas, dan efisiensi pelatihan tenaga kerja perlu ditingkatkan dalam rangka untuk peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja.
85.    Jawaban: B
Bahasan:    Upaya untuk mewujudkan pegawai pemerintah yang bersih, berwibawa, dan bebas korupsi, kolusi dan nepotisme adalah dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik.
86.    Jawaban: B
Bahasan: Pengelolaan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui diperlukan untuk pencegahan dan pengendalian kerusakan dan pencemaran lingkungan hidup.
87.    Jawaban: E
Bahasan: Salah satu upaya yang dilakukah untuk mengupayakan pemerataan pendidikan adalah dengan memberikan subsidi pendidikan bagi lembaga pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat atau swasta.
88.    Jawaban: B
Bahasan:    Indikator yang bukan merupakan peningkatan pembangunan perkotaan adalah mekanisme partisipatif dalam perepcanaan dan pembangunan pemukiman. Sebab mekanisme partisipatif (gotong royong) dalam perencanaan dan pembangunan pemukiman pada umumnya merupakan mekanisme pembangunan di pedesaah.
89.    Jawaban: B
Bahasan: Indikator adanya peningkatan ekonomi suatu wilayah adalah meningkatnya produktivitas dan nilai tambah kegiatan di sentra-sentra produksi. Dengan demikian, pendapatan suatu wilayah meningkat sekaiigus juga terjadi perkembangan dan peningkatan ekonomi.
90.    Jawaban: C
Bahasan: Sesuai dengan UUD 1945 Bab XII mengenai Pertahanan dan Keamanan Negara Pasal 30 ayat 4 menyebutkan bahwa Kepciisian Negara Republik Indonesia sebagai alat negara yang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat bertugas melindungi, mengayomi, melayani masyarakat serta menegakkan hukum.


0 komentar em “JAWABAN & PEMBAHASAN TEST PENGETAHUAN UMUM”

Poskan Komentar

 

RAHASIA LULUS CPNS Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger